Kamis, 09 Maret 2017

Manfaat Sayuran Hijau

 Sayuran Hijau Yang Kaya Vitamin dan Manfaat
10 Sayuran Hijau Yang Kaya Vitamin dan Manfaat
 Jenis dan tipe sayur sangat banyak. Tipe dan jenis ditentukan dengan warna, bentuk, tempat asal dan sebagainya. Tapi dari semua sayur yang tersedia untuk dikonsumsi ada 10 sayur warna hijau yang kaya vitamin dan manfaat. Inilah daftar nya:

1. Bayam

 Image result for BAYAM

Memiliki 2 kali zat besi dari sayuran hijau lainnya dan baik untuk kesehatan darah. Mengandung 13 jenis komponen flavonoid dan klorofil  yang membantu mencegah kanker. Baik bagi yang berusia lanjut karena menambah nutrisi pada otot dan sendi sertia mencegah katarak dengan kandungan luteinnya. Sayur hijau ini juga banyak mengandung serat dengan rasanya yang enak sering sekali dipakai di banyak resep masakan.

 2. Selada Hijau

 Image result for selada hijau

Sayur hijau ini mengandung banyak mineral mulai dari mangan, tembaga, kalsium, dan potassium. Juga kaya akan vitamin C yang mampu mencegah penuaan dini dan meningkatkan kesuburan organ-organ reproduksi Anda serta bermanfaat bagi janin. Dengan kandungan gizi dan gampangnya pengolahan sayur hijau ini tidak heran kalau sayur ini salah satu yang populer dan terkenal.


 3. Brokoli

 Image result for brokoli

Sayur hijau asli Italia ini bisa mencegah risiko kanker karena mengandung antioksidan sulforaphane dan lutein. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu mengontrol gula darah sehingga bermanfaat sekali buat penderita diabetes dan melawan radikal bebas. Seratnya yang banyak bisa mencegah sembelit.

 4. Kangkung

 Image result for BAYAM

Kalau anda penderita diabetes, sayur kangkung bisa menghambat penyerapan gula ke dalam darah. Hebatnya lagi, sayur hijau kangkung yang kaya akan mineral seperti kalium, fosfor dan vitamin B kompleks bisa membantu meningkatkan hormon sehingga timbul rasa nyaman. Banyak sekali resep masakan yang memakai sayur hijau kangkung ini. Sayur hijau ini sangat banyak ditemukan di Indonesia dan relatif murah.

5. Timun

 Image result for timun

Sayur hijau ini mengandung kadar air yang tinggi dapat menyegarkan tubuh dan baik bagi rambut serta kulit Anda jika digunakan sebagai masker. Mengonsumsi sayur timun bisa membantu Anda memperlancar pencernaan. Sedangkan kandungan mangan, folat, magnesium, lutein serta klorofil mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi. Sayur hijau ini bukan hanya cocok buat dimasak tapi cocok juga sebagai minuman segar atau jus.'

6. Sawi Hijau

Image result for sawi hijau

Sayuran hijau ini membantu Anda mencegah kanker prostat, kanker usus, kanker payudara dan kanker ovarium. Sayur sawi hijau juga sarat dengan mineral seperti: kalium, magnesium, asam folat dan vitamin C, E, karoten dan glukosinolat. Mineral-mineral ini membantu memerangi radikal bebas dan menyembuhkan infeksi. Sering dipakai di resep dan masakan cina.

7. Buncis

Image result for buncis

Seratnya mambantu pankreas untuk memproduksi insulin yang akan  berguna bagi penderita diabetes tipe 2. Buncis yang berasal dari Peru ini selain enak mengandung vitamin A,C,K dan berbagai mineral serta mengandung senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui karena bisa memperlancar ASI.

8. Pakcoy

Image result for pakcoy

Sayuran yang tinggi akan kadar asam folat, kalium, vitamin A,D,C yang baik untuk kesehatan jantung. Selain iyu, sayuran yang menyerupai sendok ini kaya akan glucosinolates sebagai antioksidan untuk mencegah kanker prostat dan payudara.

9. Baby Kailan

Image result for baby kailan

Sayuran hijau ini  kaya akan potassium, kalsium dan serat sehingga baik untuk pencernaan dan tulang Anda. Selain itu baby kailan juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Saat memasak sayuran ini pastikan tidak terlalu matang untuk mempertahankan nutrisinya. Sayuran ini banyak dipakai untuk masakan mie dan tumis-tumis.

10. Pare

Image result for pare

Disebut juga bitter melon, pare tinggi akan serat, potassium, kalsium, zat besi serta vitamin A dan C. Pare berfungsi menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Komponen saponin pada pare bermanfaat meningkatkan sistim imunitas tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Untuk mengurangi rasa pahit cuci dengan air yang mengandung sedikit garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar